Artikulasi Hati dan Otak

Partial Discharge Pada Isolasi Cair

Fuiihh…akhirnya ngeblog juga. Udah lama euy ga ngeblog lagi. Lagi berkutat pada penelitian partial discharge buat tugas akhir niyy..

Yupzz. ..tugas akhirku emang ttg partial discharge di isolasi cair. Istilah partial discharge artinya kejadian tembus lokal yang bisa terjadi di isolasi padat dan cair. Khusus untuk isolasi cair sendiri, partial discharge biasanya terjadi akibat adanya cavity (gelembung udara), namun bisa juga terjadi akibat polutan berupa partikel metal maupun objek metal yang lebih besar. Namun pada penelitian saya ini, lebih banyak berinteraksi dengan cavity. Hal ini karena penelitian saya berkutat pada temperatur rendah, yaitu suhu kamar, 40oC, dan 50oC.

Gas/udara yang bisa ditemukan pada minyak bisa dalam 3 bentuk yaitu larutan, emulsi, dan gelembung udara. Pada temperatur rendah, gelembung udara lebih banyak ditemukan. Bila ada bubbles di cairan isolasi, maka gelembung udara ini akan menahan kuat medan yang lebih besar daripada isolasi sendiri. kebayang kan, yang lemah malah nahan lebih besar, tapi yang kuat nahan yang kecil ?. akibatnya, gas pada gelembung udara akan mengalami tembus terlebih dahulu, padahal kondisi isolasinya baik baik saja. Nah, inilah yang disebut partial discharge.

Pada isolasi cair sendiri, bila diuji dengan tegangan AC, ada beberapa karakteristik khusus, misalnya tegangan insepsi positifnya lebih besar daripada nilai absolut tegangan insepsi negatif. Kemudian, muatan yang timbul pada sinyal positif lebih sedikit daripada sinyal negatif namun memiliki amplitude yang lebih besar. Tegangan insepsi itu adalah tegangan saat partial discharge pertama kali muncul.

Akan tetapi, bisa aja walo udah lewat tegangan insepsi, partial discharge ga terjadi. Hal ini karena kemunculan elektron mula yang menginisiasi terjadinya peluahan yang bersifat stokastik.

Nahh berikut ini simulasi partial discharge menggunakan matlab, programnya made by awak sendiri hehehe, narsis ceritanya

11

Kemudian ini data statistiknya, dibikin pake matlab juga

muatan maksimum (pC) = 107

muatan minimum (pC) = -72.7

banyaknya muatan positif= 54

banyaknya muatan positif= 65

rata – rata muatan positif (pC) = 45.7931

rata – rata muatan negatif (pC) = -32.8374

betewe, sori sori niyy hasil penelitian secara detail belom bisa dikasih tau, sebab lagi dalam proses analisis tugas akhir gue.

Februari 27, 2009 - Posted by | Blogroll

3 Komentar »

  1. Dear Mas Hariyadi Maramis,

    Saya bertanya beberapa hal mengenai Partial discharge yang anda bahas diatas, hal 2 yang di tanya sbb;

    1 apa defenisi partial discharge yang sebenarnya ?

    2 Kapan terjadi Partial discharge ?

    3 Apa dampak terhadap power kalau Partial discharge
    dibiarkan makin membesar.

    4 apa dampak terhadap equipment klu partial discharge
    dibiarkan berkembang begitu saja.

    5 Bagaimana cara mengukur partial discharge tersebut?

    6 Jika memang terdapat partial discharge yg cukup
    signifikan pada sebuah equipment, perlakuan apa yang
    harus di lakukan pada equipment tersebut.

    Regards,

    Jhonter.

    Komentar oleh jhonter | Maret 22, 2009 | Balas

  2. Asslmlkm Maz..

    kuw mau tnya maz…
    tegangan insepsi n waktu insepsi ap y? n kpn terjdna??
    dan tau rumusna g??

    trimaksh..

    Komentar oleh Oelya | November 20, 2009 | Balas

  3. hallo mas Hariyadi Maramis,,,
    saya mau tanya nech…
    1.apakah ada metode yang bisa digunakan untuk mengetahui gejala awal partial discharge pada isolasi (padat,cair,maupun gas)?sehingga ada tindakan preventif untuk mencegah partial discharge itu terjadi semakin luas.
    2.bagaimana sih cara pengujian partial discharge itu sendiri???alat apa aja yg digunakan?

    Komentar oleh achmad bahtiar rifa'i | Juni 2, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: