Artikulasi Hati dan Otak

Galau

galau, barangkali itu perasaan yang berkecamuk dalam hati saya. hal ini terkait tugas akhir saya yang memaksa saya mengetahui sedikit tentang konsep ekonomi liberalis-kapitalis.

ya, tugas akhir saya tentang bisnis ketenagalistrikan yang sempat membuat saya terkesima dengan konsep ekonomi yang ditawarkan adam smith. konsep yang mendorong saya berkeyakinan bahwa deregulasi akan membuat iklim bisnis lebih kompetitif adapun ekses negatifnya bisa diselesaikan dengan aturan main yang disepakati bersama. teori teori tentang efisiensi yang dihasilkan dari iklim yang kompetitif yang membuat tidak ada pihak yang dirugikan, konsumen mendapatkan surplus dan produsen memperoleh maksimalisasi profit. konsep konsep keseimbangan pasar yang menggairahkan investasi dalam negeri.

berjalan jalan ke gramedia dan terantuk pada buku pa amien rais membuat saya berpikir ulang tentang keyakinan saya. hal ini terjadi saat saya membaca bab tentang otokritik oleh joseph stiglitz yang dipaparkan dalam buku itu mengenai konsep ekonomi barat. bahwasanya tidak ada invisible hand seperti kata adam smith, namun pihak yang menguasai informasilah yang akan menang.

hal itu membuat saya berpikir bahwa kekuatan pasar yang selama ini menjadi perhatian saya dalam merancang sistem bisnis ini akan selalu ada meskipun kecil dan saat menemukan momennya-saya khawatirkan- akan chaos.

namun, saya juga berpikir, apa yang saya lakukan dan pelajari adalah bentuk manajemen pengelolaan industri ketenagalistrikan yang saya coba cari di ketentuan syar’i tidak pernah di singgung. dan hanya berkaca pada baratlah saya bisa mempelajari pengelolaan industri ketenagalistrikan tersebut. saya tahu sebuah resiko besar yang mungkin terjadi, bila suatu saat sistem saya diimplementasikan di indonesia dan saya membuat kesalahan dengan gagal mengantisipasi ekses buruk, maka bisa jadi kelompok¬† sejenis mafia berkeley akan kembali muncul.

namun saya juga tahu bila diimplementasikan dan berhasil, maka pahala Allah akan mengalir karena memberi kemanfaatan bagi banyak orang.

tapi, kalaupun tidak diimplementasikan, sekali lagi tidak ada yang kebetulan. berarti Allah berbaik hati pada saya bahwa eksesnya akan buruk.

Juli 11, 2008 - Posted by | Keelektroan, my stuff and I

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

