Artikulasi Hati dan Otak

Pengen Terkenal

Om Bono lagi gundah. udah hampir dua taon dia jadi ketua perkumpulan pemuda-Pemuda Harapan Kelurahan, disingkat PeHaKa- di kampung BlangBentong, tapi dia belom juga jadi terkenal. orang orang sekampung lebih kenal pak haji dulah, mantan ketua perkumpulan pemuda yang gagal jadi lurah di pilrah (pemilihan lurah) periode kemaren. sekarang, orang orang sekampung lebih kenal Bang Edi, pentolan PeHaKa yang jadi ketua RW 03. Gundahnya Bang Bono disebabin dia pengen nyalonin jadi lurah periode depan ato minimal jadi kepala seksi di kelurahan. nah, pertanyaannya sekarang yang bergelayut di benak Bang Bono ntu gimana caranya supaya orang sekampung kenal ama dia.

Setelah dipikir masak masak, Bang Bono ngerasa perlu buat melaksanakan politik pencitraan kayak pejabat pejabat sekarang. buat ngelaksanain strategi itu, bang Bono butuh tim khusus. akhirnya, dipanggillah Joni, Parto, Tiur, dan Samijan buat jadi tim khususnya. mereka pun mengadakan rapat di warung kopi Bu Ijah di samping lapangan bola.

“Temen Temen seperjuangen, hari ini saya memutusken buat melaksanaken suatu terobosan kedepan guna melancarken daripada rencana saya mencalonken diri saya sebagai lurah kampung blang bentong ini” tegas bang Bono mengawali pembicaraan dengan suara agak diberat beratin

“Bang, kok suara abang jadi kaya gono sih ?sakit apa bang ?” cetus Tiur

“Ah elo Ti, lu ga tau yah ? ini tuh gaya bicara Pak Harto, Idola Gue”, kata Bang Bono

“Lha Bang, kok idola Abang Kok Pak Harto, Bukannya dia kesangkut Korupsi ?” Samijan Ikut Nimpalin sambil nyomot gorengan pisang

“Kalo ngeliat orang jangan sepenggal sepenggal, liat jasa jasanya juga. beras lebih murah pas jaman sapa ? minyak ? rokok, apalagi hayo?”, Bang Bono ngeles

“Iya juga ye bang, lha terus ngapain kita ngumpul bang ?” kata samijan

“justru ntu, gue mau ngomongin ni. rokok ?”, tawar Bang Bono ke peserta rapatnya ntu.

masing masing peserta rapat kecuali si Tiur ngambil rokok yang ditawarin Bang Bono. Bu Ijah sibuk merhatiin dan nyatetin apa aja yang udah diambil orang orang yang lagi kasak kusuk di tempatnya ntu.

“Din, sini din. lu perhatiin dan catetin apa aja yang dimakan orang orang tu, emak mau ke wc dulu”, suruh Bu Ijah ke anaknya, Pidin yang hampir lulus SD 5 taon lalu tapi keburu berhenti soalnya udah bisa baca tulis.

kita balik lagi ke cerita Bang Bono.

“Gini, Lu Lu Pada tau kan ? gue udah jadi ketua PeHaKa, tap..”, sebelum bang Bono selese, temen temennya kompak nimpalin

“udaah…”,

“Tapi, lu tau sendiri kan, sampe saat ni gue belom terkenal ? nah gi..”, lagi lagi sebelum selese ngomong, temen temen Bang Bono udah nimpalin duluan

“Tauuu..”, Lama lama bete juga bang bono

“dengerin dulu napa!”, kata bang bono sambil gaplokin kepala temen temennya satu satu

“iye bang iye”

“nah menurut lu pada, gimana caranya supaya gue bisa terkenal nih. pan kalo gue ga terkenal, gimana orang orang mau milih gue pas pilrah nanti ?”, tanya bang bono

“wah kite kudu bikin abang terkenal nih bang”, cetus Parto

“wah bener banget To, abang harus mikir gimana caranya buat terkenal bang”, timpal Joni

“ide brilian Jon, nah sekarang gimana bikin diri abang terkenal”, timpal samijan

“brilian brilian, palelu gue sambel!!justru itu yang pengen gue omongin”, kesel juga Bang Bono dengerin anggepan temen temennya

akhirnya mereka semua mikir sambil nyomot gorengan satu persatu. diiringi dengan pemesanan beberapa buah kopi pait (Si Tiur udah ge er aja pas liat mereka mesen kopi pait. dia mikir pasti temen temennya cuma mesen kopi pait soalnya hanya dengan menatap wajah manisnya, kopi tu bakal jadi manis. padahal temen temennya bokek kering)

“Ah Gue Ada ide bang!!”, kata samijan

“gimana jan ?gimana”, tanya temen temennya

“gini bang, pas mau pilpres ampe pilkada kan banyak tuh spanduk yang judulnya orang orang yang nyalonin. gimana kalo abang niru aja?”, lanjut samijan

“wah ide bagus jan, tapi duitnye dari mana ?”, kata Bang Bono

“Lah abang, duit iuran PeHaKa Tiap bulan emang buat apa ?”, kata Tiur

“Lah namanya korupsi diong Ti ?”,

“Dikit Dikit lah bang, abang gantilah bendahara PeHaKa ame Tiur. dijamin beres!!!”,

“Wah bener juga Ti Ye..otak lu encer juga”,

“Tapi apa kata katanya bang ?”,

Bang Bono Bingung, akhirnya mereka mikir lagi.

“Aha..gue tau bang!!”,kata Joni

“apa..apa?”,

“kita harus bikin kata katanya yang bener, fakta nyata. bener ga?”

“Bener”,

“Kita harus bikin kata katanya sederhana tapi dalem!!”,

“bener”,

“nah, Gue usul kata katanye HIDUP ADALAH BERNAPAS bang!!”,

“lha ya iyalah Jon, kalo kagak napas ya Mati”, timpal Samijan

“justru itu, kita kudu nerangin ke orang orang. bayangkan kalo tidak bernapas, kita akan mati. bayangin kalo tidak bernapas, buat sapa oksigen di dunia ini ? bayangin kalo tidak bernapas, siapa yang makanin anak bini kita ? bayangin kalo tidak bisa bernapas ?”,

“kalo ga bernapas, gue kagak bisa maju ke pemilihan lurah”, ceplos bang Bono

rapat pun selesai dengan keputusan akan dibuat spanduk HIDUP ADALAH BERNAPAS nya Bang Bono betebaran di sepenjuru kampung dengan gambar Bang Bono lagi ngeliat langit sambil ada lambang PeHaKa.

sebelum peserta rapat pada cabut, pidin buru buru ngasih bon.

“Bang, abang kan yang ngundang rapat. bayarin yah”, kata Parto

bang Bono ga bisa ngeles. matanya melotot pas liat bon yang dikasih pidin

“lha din, kok banyak ama ?”, kata Bang Bono

“lha bang, abang ga liat wadah gorengan mpok aye yang udah ludes itu yah?”

bang bono cuma grundel dalem ati. tapi, dia tetep seneng ga lama lagi dia bakalan terkenal

beberapa hari kemudian, di belahan kampung yang laen, Odi lagi ngegembalain kebo kebonya di lapangan rumput. Odi ngeliat spanduknya bang Bono.

“Ya Ampun, kebo kebo gue juga tau kalo HIDUP ADALAH BERNAPAS. tuh mereka lagi bernapas.”,

dibelahan kampung laen, Bang Bono lagi girang soalnya banyak sekarang yang ngenal dia. ngenal kebegoannya..

Juli 2, 2008 - Posted by | ironi, iseng

4 Komentar »

  1. hahahahaha…bagus…bagus…:D

    Komentar oleh fiqihsantoso | Juli 2, 2008 | Balas

  2. memanfaatkan kegaringan diri untuk sesuatu yang lebih mendidik hahaha

    good…good!petahankan ya nak!

    dasar “pengamat”! ^_^

    Komentar oleh M. Hartono | Juli 3, 2008 | Balas

  3. btw, pidin tuh kan anaknya Bu Ijah ya?
    kok manggilnya mpok?? kudunya nyak

    mpok=mbak

    Komentar oleh M. Hartono | Juli 3, 2008 | Balas

  4. to fiqihsantoso : terimakasih, hatur nuhun

    to M.Hartono : iye iye, aye sale..sale sale kate ndak ape ape kan ?

    Komentar oleh mrfajarsyah | Juli 4, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: