Artikulasi Hati dan Otak

Kenapa Turki Gagal Ke Final

kegagalan turki ke final piala eropa tahun ini bisa jadi merupakan perulangan sejarah silam mereka. dahulu kala, saat turki masih berbentuk kekhalifahan tepatnya kekhalifahan utsmaniyah, turki melakukan ekspansi ke eropa. hingga sampailah mereka ke austria dan berkecamuklah perang mulai tanggal 14 juli 1683. selama dua bulan, austria dikepung oleh tentara turki. dan hampir saja jatuh ke tangan turki. namun kemudian raja austria meminta bantuan polandia dan akhirnya kalahlah turki yang hampir membuat sejarah dengan menaklukkan eropa.

kejadian pun berulang, turki mengawali campaign nya di piala eropa dengan buruk, kekalahan dari portugal. namun, perlahan mereka mampu membuat kejutan dengan menumbangkan kuda hitam, kroasia yang mengalahkan jerman. tragisnya, mereka dikalahkan negara yang dikalahkan kroasia, jerman. terlebih lagi jika merunut pada sejarah, jerman memiliki sejumlah pemain yang mempunyai darah polandia, negara yang mengalahkan turki di pertempuran wina, 12 september 1883.

dan sejarahpun berulang di sepakbola…

ps:sebenernya lebih mengharapkan jerman ketemu rusia di final biar bisa nulis juga tentang stalin vs hitler hehehe

Juni 28, 2008 - Posted by | iseng

4 Komentar »

  1. Mau kalah atau menang di sepakbola…dakwah Islam di Turki harus jaya! Masa pakai jilbab di kampus dilarang…katanya sekuler, tapi kok ikut campur urusan agama…bukannya sekuler itu memisahkan pemerintahan dan agama yah…anehhh…Terus berjuang Pak Erdogan…

    Komentar oleh fiqihsantoso | Juni 29, 2008 | Balas

  2. Kalo analisa ane, Turki gagal ke final karena kalah waktu di semi final… begitu. Ane memang hebat..:mrgreen:
    *ditendang masup gawang*

    Komentar oleh Cabe Rawit | Juli 1, 2008 | Balas

  3. Kekhilafahan Utsmani dulu hancur bukanlah karena kekalahan di Wina. tetapi lebih karena tidak diperkuatnya kekuatan inside dari kekhilafahan sendiri, banyaknya aliran2 Sufistik yang menjauhkan manusia dari permasalahan di masyarakat, perubahan undang2 Syara menjadi UU sekuler (terjadi di hukum sipil dan agama) waktu itu. Serta pemerintahannya sendiri yang korup luar biasa.

    Kekhilafahan utsmaniyah saat itu lebih mengedepankan ekspansi wilayah daripada sekedar perbaikan internal. Makanya hanya dalam waktu singkat, kekuasaan utsmani sangat luas dan mampu membuat depresi para penguasa barat. Bahkan salah satu Khilafahnya yang sangat terkenal Muhammad atau yang lebih dikenal dengan Al-Fatih mampu mewujudkan Janji Rasulullah untuk menaklukan konstantinopel sebelum roma.

    Saat ini, gambaran penaklukan eropa tampaknya sudah mulai membayang-bayang. Bukan melalui sepakbola tapi namun melalui Bangunnya sang raksasa yang sedang tertidur “Khilfah Islam”. Kita bekerja keras saja semoga kita yang dapat membuktikan janji rasulullah yang kedua mengenai kota yang akan ditaklukan.

    Komentar oleh kertaskuning | Juli 5, 2008 | Balas

  4. om kertaskuning a.k.a hariyadi, gw ga bilang kehancuran khilafah akibat perang di wina kok, cuma kegagalan menaklukan eropa karena kalah di perang wina..

    hwehehehe

    Komentar oleh mrfajarsyah | Juli 11, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: