Artikulasi Hati dan Otak

Pembunuhan Bhutto dan Stigmatisasi Islam Sebagai Teroris

Tak bisa dipungkiri, terbunuhnya benazir bhutto telah meninggalkan duka tersendiri bagi dunia. belasungkawa berdatangan dari segala penjuru dunia, dari washington hingga afghanistan. pembunuhan bermotif politik yang kejam ini memberikan catatan merah bagi pelaksanaan demokrasi di kancah perpolitikan asia dan merupakan langkah mundur dari pelaksanaan demokrasi.

tak selang beberapa lama, Al Qaidah menyatakan bertanggung jawab atas pembunuhan bhutto (lihat http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/12/tgl/28/time/022912/idnews/871814/idkanal/10)

pernyataan ini tentu saja menyebabkan dunia mengetahui pihak mana yang pantas dipersalahkan dari pembunuhan bhutto ini.

adalah sangat disesalkan sekali kejadian ini harus dilakukan oleh bagian dari umat islam. hal ini bisa memicu stigmatisasi islam sebagai teroris di kalangan masyarakat barat akan semakin meluas. pada akhirnya, kebencian pada islam sendiri akan mengemuka.

pernyataan komandan Al Qaidah yang menyatakan bahwa Aset aset berharga milik amerika akan dikalahkan oleh para mujahid menjadi alasan mengapa pembunuhan itu terjadi. hal ini sangat disesalkan karena apakah tidak ada jalan yang lebih baik daripada membunuh ?

jika mencoba berpikir dan memahami motif Al Qaidah ini, bisa jadi hal ini disebabkan oleh cara menyikapi kafir Dzimmi dan kafir Harbi. amerika mungkin dianggap sebagai kafir harbi oleh Al Qaidah dan aset asetnya harus dihancurkan. disinilah letak ketidaksepakatan saya. cara “menghancurkan” dengan jalan menghilangkan nyawa adalah cara yang jauh dari santun. bukankah jalan lewat kekuatan politik, ekonomi, atau budaya adalah jalan yang lebih baik dibandingkan dengan jalan perang terbuka dengan senjata ? bagi saya, penggunaan senjata oleh Al Qaidah dalam rangka melawan kebijakan Amerika yang sewenang – wenang hanya menunjukkan bahwa umat islam memang termarjinalkan dari kekuatan politik, ekonomi, dan budaya dunia.

Desember 28, 2007 - Posted by | Blogroll

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: