Artikulasi Hati dan Otak

Values diri

Kita, manusia, memiliki setidaknya 7 values dominan dalam diri kita. values ini apabila terlanggar akan membuat rasa sakit yang luar biasa. values ini harus ditemukan oleh masing – masing individu sebab dengan values ini akan lahir ketegasan. tiada kata gamang dan ragu – ragu. kegamangan atau keragu – raguan dalam menentukan keputusan yang harus dipilih merupakan bukti bahwa kita sendiri belum menemukan values diri kita.

cara menemukan values diri kita memang membutuhkan waktu tersendiri untuk berpikir dan berkontemplasi. apakah sebenernya membuat diri kita merasa sakit atau amat terganggu sekali bila itu terjadi pada kita ? apakah yang teramat sangat kita harapkan orang melakukan itu ke kita dan yang seharusnya kita lakukan pada orang lain ? apa harapan terbesar kita yang apabila kita tidak mampu mencapainya atau ada gangguan padanya maka kita akan merasa sangat tersiksa ?

jika kita melihat tingkah polah pemimpin kita yang cenderung gamang, maka bisa jadi sebenernya beliau sendiri belum menemukan values dirinya. ketidak tahuan values diri akan bisa membuat kita tidak bisa bertindak tegas karena kita dibuat bingung oleh persepsi kita dalam memandang masalah. bila persepsi kita dalam memandang masalah sendiri blur, maka keputusan yang dihasilkan pastilah tidak berkualitas. values diri ini berguna sebagai koridor diri kita dalam menghadapi kehidupan.

contohnya SBY, kita melihat dan mempertanyakan mengapa ia begitu ragu – ragu dan gamang dalam segala hal. karena dalam pandangan saya, beliau lebih mengutamakan popularitas daripada berbicara pada dirinya sendiri tentang values diri yang ia punya. jika values diri yang ia punya salah satunya adalah keadilan, maka ia tak perlu repot – repot berpikir dan mengambil keputusan dalam memandang masalah Iran misalnya sehingga keputusannya bisa tegas. misal Iran boleh mengembangkan nuklir karena mengembangkan nuklir untuk tujuan damai adalah hak semua bangsa. amerika tidak boleh melarang, kalaupun ia melarang harusnya proyek senjata nuklirnyalah yang harus dihentikan karena senjata bukan untuk menjaga perdamaian namun untuk menghancurkan perdamaian. itu contohnya. bisa kita lihat, bila kita memandang melalui values diri kita, ga ada yang namanya standar ganda.

saya telah menemukan setidaknya 3 dari 7 values utama. saya belum mengurutkan dan belum penting bagi saya untuk mengurutkan karena kalaupun ada deviasi values, 7 values dominan ini tetap tidak akan berganti. 5 lagi masih dalam pencarian. values diri saya adalah :

1. kesetiaan

2. keterbukaan

3. keadilan

secara global, saya ini orang yang sulit berpaling. bila saya udah stuck dengan suatu hal, maka saya biasanya keukeuh disana (makanya saya suka dengan karakter Noah Bennet di film Heroes, he truly looks like me). walau saya tahu bahwa sesuatu itu ada sisi baik dan sisi buruknya, but saya sering berkata pada diri saya bahwa I can deal with and cope with the dark side, I can make the light side shine !. saya jika stuck, suka, cinta pada sesuatu maka saya tahu bahwa itu ada sisi buruknya, tapi penglihatan saya pada sisi baik itu jauh lebih besar. entah mengapa. dalam pengharapan pun demikian, sulit rasanya menerima orang yang telah berkhianat. rasanya seperti ada yang mau meledak di dalem diri.

dalam keterbukaan pun sama, saya tidak bisa menerima jika ada sesuatu yang menyangkut saya disembunyikan. atau orang terdekat saya tidak terbuka atau menyembunyikan sesuatu ttg saya. believe it or not, I have no secret to everybody I close with. saya tidak pernah menyimpan rahasia pada orang – orang terdekat saya.

keadilan ini sebenernya values yang mungkin sudah dari semenjak saya smp sudah saya sadari. saya dalam kehidupan menghendaki hal ini, bahkan ketika bisnis ini dimana apabila saya merasa keuntungan yang saya ambil terlampau besar, maka hati saya akan protes. keadilan ini pula yang saya kehendaki terimplementasi dari perlakuan yang saya terima dari orang lain maupun yang saya lakukan pada orang lain.

ketiga values ini penemuannya dilatarbelakangi oleh masalah keluarga saya, jadi memang saya sudah lama berinteraksi ddengan ketiga values diatas.

4 lagi masih dalam pencarian, namun ada beberapa nominasi untuk itu dan saya lagi memikirkan masak – masak apakah itu memang values diri saya ato tidak.

November 25, 2007 - Posted by | kontemplasi, my stuff and I

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

